Film / Bioskop / Mengenal Film Musikal Indonesia, Part 1

Mengenal Film Musikal Indonesia, Part 1

Bagi anda penikmat film sejati, tentu tidak merasa asing dengan film musikal. Film musikal adalah sebuah genre film yang memadukan dialog, nyanyian, dan tarian, dimana karakter dalam film itu melakukannya secara langsung, lagu bukan hanya sekedar backsound. Film musikal di Barat, dimulai pada tahun 1920-an, sedangkan di Indonesia dimulai pada era 1950-an, yaitu Bintang Surabaja. Keberhasilan Bintang Surabaja memunculkan film-film musikal lainnya, seperti Asmara Dara, Tandjung Katung, Tiga Dara, Bawang Putih, Cinta Pertama, Badai Pasti Berlalu, Dunia Belum Kiamat, dan Laila Majenun.

Film musikal Indonesia mencapai kejayaannya saat dua sineas berbakat, Riri Riza dan Mira Lesmana merilis film Petualangan Sherina di tahun 1999, yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero. Petualangan Sherina ditujukan untuk semua umur dengan isi yang menghibur. Lagu-lagu dengan lirik ceria, cerdas, dan menghibur, seperti Anak Mami dan Jagoan menjadi idaman anak-anak di zaman itu. Keberhasilan Petualangan Sherina pun tak urung menyulut semangat para filmmaker lainnya untuk menghasilkan film musikal, seperti berikut:

1. Joshua oh Joshua

Dibintangi oleh Joshua Suherman dan Mega Utami. Bercerita tentang Joshua dan Jejen yang mencari uang di jalanan dengan cara mengamen ataupun membawakan barang belanjaan. Film ini berhasil mempopulerkan lagu Terima kasih Tuhan dan Andai Aku Jadi Kaya yang dinyanyikan Joshua dan Mega.

Film Musikal Indonesia: Joshua oh Joshua

2. Biarkan Bintang Menari

Dibintangi oleh Ladya Cheryl dan Ariyo Wahab. Bercerita tentang persahabatan Grey dan Neyna saat kecil yang harus terputus saat Grey pindah ke Jakarta. Di universitas keduanya kembali bertemu dan harus memulai kembali persahabatan dari awal. Lagu Biarkan Bintang Menari yang dinyanyikan Ariyo Wahab dan Dea Mirella menjadi soundtrack film ini.

Film Musikal Indonesia: Biarkan Bintang Menari

3. Fantasi

Film musikal ini dibintangi oleh para alumni AFI, dimana bintang utamanya adalah Micky, Cindy, dan Rini. Film ini bercerita tentang sebuah sekolah yang akan mengadakan sebuah pentas musik “Jakarta Cinderella. Soundtrack film ini yang berjudul Di Sekitar Kita, diisi oleh Tia,yang juga alumni AFI.

 Film Musikal Indonesia: Fantasi

4. Langit Biru

Menceritakan tentang persahabatan ketiga anak SMP, Biru, Tomtim, dan Amanda. Film Langit biru dibintangi oleh Ratnakanya, Jeje, Baby Natalie, Brandon, dan Ari Wibowo. Soundtrack film berjudul Sobat Sejati.

Film Musikal Indonesia: Langit Biru

5. Rumah Tanpa Jendela

Bercerita tentang Rara (Dwi Tasya) yang ingin sekali rumah kecilnya yang berdinding tripleks memiliki jendela dan Aldo (Emir Mahira) yang kesepian karena memiliki keluarga sibuk, merindukan seorang teman. Soundtrack film berjudul Jendela dan Hujan.

Film Musikal Indonesia: Rumah Tanpa Jendela

6. Generasi Biru

Film musikal ini dirilis dalam rangka merayakan 25 tahun perjalanan Slank. Bercerita tentang masing-masing anggota Slank yang bertemu dengan orang-orang yang trauma dengan politik, cinta, kekerasan, dan obat terlarang. Ada 15 lagu Slank yang menjadi soundtrack film ini.

Film Musikal Indonesia: Generasi Biru

7. Opera Jawa

Film musikal ini bercerita tentang kehidupan dengan berbagai konflik, seperti cinta segitiga, masalah sosial, ekonomi yang menyengsarakan rakyat kecil, dan juga politik. Opera Jawa menggabungkan banyak unsur seni, yaitu drama, musik, tari, dan busana. Film musikal ini dibintangi oleh Artika Sari Devi sebagai pemeran utama.

Film Musikal Indonesia: Opera Jawa

 

Foto Profil dari Rahel Lasmaria Simbolon

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

tiga nafas likas

Film Tiga Nafas Likas, Perjuangan Wanita Karo yang Luar Biasa

Film bernuansa keluarga selalu memberikan kesan yang mendalam bagi penontonnya, bukan hanya ...