Film / Drama / Dua Film Pendek Komedi Romantis ala Joko Anwar

Dua Film Pendek Komedi Romantis ala Joko Anwar

Indonesia patut beruntung memiliki salah satu sineas terbaik yaitu Joko Anwar. Karya-karyanya yang kontroversial dan sulit ditebak seperti Kala, Modus Anomali, dan Pintu Terlarang, membuat namanya disebut-sebut sebagai salah satu pembuat film tercerdas di Asia oleh Sight and Sound Magazine, Inggris. Kesuksesan Joko dalam film ternyata tidak hanya terbatas pada film-film berdurasi panjang saja, karya-karyanya dalam bentuk film berdurasi pendek juga banyak menuai pujian dari masyarakat. Di antara banyak film pendek yang dibuatnya, ada dua film pendek komedi romantis yang sangat disukai oleh para kaum muda, yaitu Durable Love dan Fresh To Move On.

1. Durable Love

Durable LovePemeran                          : Karina Salim dan Sadha Triyuda

Penulis dan Sutradara  : Joko Anwar

Genre                               : Komedi Romantis

Durasi                              : 11 menit

Film ini bercerita tentang seorang wanita independen yang merasa tidak membutuhkan pacar. Kesendiriannya diyakininya sebagai cara untuk bisa mendapatkan kebahagiaan dimana ia bisa mengatur segala sesuatunya sesuka hatinya. Namun prinsip itu berubah saat suatu malam ia  bertemu dengan seorang pria 26 tahun yang bekerja di Law Firm. Saat itulah, ia jatuh cinta.Setelah beberapa minggu jadian, pria itu tidak banyak menghiraukannya dan malah sibuk dengan laptopnya.

Disinilah kelucuan itu dimulai, saat dimana Sadha sibuk dengan laptopnya, Karina yang merasa tidak diperhatikan melakukan hal-hal konyol untuk menarik perhatian sang pacar. Loncat-loncat di atas kasur, menari balet di hadapan Sadha, berlagak seperti suster ngesot, semua itu dilakukannya demi menarik perhatian Sadha, namun gagal. Puncaknya ialah pada saat keduanya berada di restoran, Sadha tetap sibuk dengan laptopnya, dan Karina tetap dicuekin. Ia pun mulai berlaku konyol lagi, bahkan lebih konyol dari sebelumnya, hingga akhirnya Karina keluar dari restoran dan Sadha menyusulnya, dan akhirnya mereka berbaikan kembali.

Walaupun hanya berdurasi 11 menit, Durable Love mampu membuat kita terhibur, tersenyum, dan tertawa melihat akting Karina yang kocak dan Sadha yang serius sebagai pelengkapnya. Film yang terbilang sederhana, namun tetap bermakna. “Dunia itu huge. Aku nggak bisa ngabisin sendiri, makanya aku pingin bagi sama kamu”-Karina-.

 

2. Fresh To Move On

Fresh To Move OnPemeran                                     : Tara Basro dan Fachri Albar

Penulis dan Sutradara             : Joko Anwar

Genre                                           : Komedi Romantis

Durasi                                          : 18 menit

Dari judulnya saja kita bisa tahu film ini bercerita tentang apa, yaitu move on atau bangkit. Walaupun bertema umum, film ini tetap berisi. Seorang wanita yang baru putus dari sang kekasih menjadi tidak berdaya, hingga sahabatnya memberikannya sebuah buku berjudul 7 Steps to Move On untuk segera diterapkan. Tujuh langkah itu yaitu, pertama, mengganti kontak nama mantan. Kedua, menghabiskan waktu dengan orang yang sama sekali tidak romantis. Ketiga, tidak melihat sosial media sang mantan. Keempat, tidak pergi ke tempat yang pernah kamu datangi bersama mantan. Kelima, lakukan semua hal yang dulunya selalu dilarang oleh mantan. Keenam, ngedate bersama orang baru. Ketujuh, rekonsiliasi dengan menemui mantan dan mengajak untuk memulai hubungan biasa. Keenam tips yang dikerjakannya selalu berakhir gagal, namun babak baru dimulai kembali saat ia melakukan tips ke tujuh yaitu rekonsiliasi.

Meskipun ide cerita ini ringan, namun tetap menarik dan menghibur, karena didasarkan dari cerita nyata sebagian umat manusia di dunia yang pastinya pernah gagal move on seperti wanita dalam film pendek ini. Visualisasi dan soundtrack yang bagus membuat sisi menarik film ini bertambah.

Last, kamu bisa download kedua film pendek ini di Youtube. Selamat menonton!  :-D

Foto Profil dari Rahel Lasmaria Simbolon

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

tiga nafas likas

Film Tiga Nafas Likas, Perjuangan Wanita Karo yang Luar Biasa

Film bernuansa keluarga selalu memberikan kesan yang mendalam bagi penontonnya, bukan hanya ...